6 Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya Terlengkap

Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya – Banyak masyarakat yang penasaran terkait kelebihan dan kekurangan toyota agya karena sebagai salah satu mobil murah, banyak inovasi terbaru yang ditanamkan pada mobil ini. Seperti yang diketahui, pemerintah Indonesia saat ini tengah mewujudkan kondisi lingkungan yang bebas polusi. Caranya adalah dengan menekan angka penggunaan subsidi bbm, sehingga polusi yang dikeluarkan pun semakin diminamilisir. Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah memberikan pilihan kendaraan terbaik yang telah menggunakan program LCGC kepada masyarakat. Program tersebut merupakan pengadaan kendaraan yang irit dan ramah lingkungan. Atas dasar itu, Toyota membesut mobil terbarunya yang diberi nama Toyota Agya.

Meskipun dibanderol dengan harga yang relatif murah, Toyota Agya membawa spesifikasi yang tidak main-main. Mobil bersegmen hatchback ini diklaim pihak Toyota menggunakan komponen dan fitur yang bisa bersaing dengan mobil hatchback mahal lainnya seperti Toyota Yaris maupun Honda Jazz. Melihat hal tersebut, wajar jika kelebihan dan juga kekurangan dari mobil buatan Toyota ini tengah hanyat diperbincangkan oleh para pecinta otomotif.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya

Sekedar informasi, mobil Toyota Agya dibanderol dengan harga yang cukup murah karena  memang diproduksi langsung di Indonesia. Disamping itu, pembuatan komponen mobil ini juga didatangkan dari dalam negeri sehingga tentu saja membuat harga semakin dapat ditekan. Bagi Anda yang berminat untuk memiliki mobil Toyota Agya, berikut ini adalah ulasan terkait kelebihan dan kekurangan toyota agya.

Advertisement

Desain dan Body Sporty

Desainnya yang simple dan sporty tentu menjadi kelebihan dari Toyota Agya yang cukup untuk dijadikan sebagai daya tariknya. Untuk bodi, mobil ini dibesut dengan panjang sebesar 3600 cm dengan lebar 1600 cm, serta tinggi 1520 cm. Dimensi tersebut tentu memperlihatkan betapa ramping dan mungilnya mobil bersegmen hatchback ini. Sehingga sangat cocok digunakan untuk Anda yang bertempat tinggal di perkotaan, dimana membutuhkan mobil sederhana yang mampu melakukan manuver dengan baik. Mobil ini dibesut Toyota dengan velg bertipe 155/80 R13 steel. Sementara untuk varian warna, Toyota menyediakan mobil ini dengan pilihan putih, hitam, merah, silver metallic, abu-abu tua, biru tua dan biru muda. Walaupun harga mobil ini murah, tapi desain dan bentuk mobil Agya  sangatlah futuristik. Sehingga saat peluncurannya banyak yang mengira jika mobil ini akan dibanderol dengan harga mahal.

Kekurangan dari bodi yang ringan dan mungil tersebut tentu akan terasa saat pengguna mengendarai mobil ini dengan kecepatan yang tinggi. Bisa dibayangkan, mobil ini hanya memiliki bobot sekitar 746 kg. Dengan ukuran berat tersebut, pengendara akan merasa kurang nyaman. Karena apabila terlalu dipaksakan untuk melaju dengan kecepatan tinggi akan membuat pengendara menjadi kehilangan keseimbangan. Apalagi ketika berpapasan dengan mobil besar seperti truk ataupun bis, maka pengendara akan merasakan getaran yang akhirnya membuat keseimbangan menjadi berkurang.

Advertisement

Dapur Pacu Toyota Agya

Kelebihan dan kekurangan toyota agya yang cukup menarik untuk dibahas tentu saja ada pada sektor mesinnya. Toyota Agya diusung menggunakan mesin yang cukup bertenaga besar yaitu mesin berteknologi DOHC/3 cylinder dengan 12 Valves, DOHC dan 3 silinder sejajar yang memiliki 12 katup. Menggunakan mesin tersebut, mobil ini dapat menyemburkan daya maksimum sebesar 6000 rpm dan torsi maksimum 3600 rpm. Sementara untuk tangki bahan bakar, Toyota membekali produknya yang satu ini dengan tangki yang dapat diisi BBM sebanyak 33 liter. Untuk kubikasi, mesin ini memiliki kapasitas yang sangat kecil yaitu 999 cc. Kapasitas tersebut tentu sangatlah kecil jika dibandingkan dengan para kompetitornya yang sama-sama berada pada segmen pasar mobil citycar.

Dasboard Toyota Agya

Pada dasarnya, tenaga yang dihasilkan Toyota Agya tersebut menjadi suatu kekurangan karena terbilang sangat kecil untuk ukuran mobil hatchback. Pasalnya, mesin tersebut hanya mampu memuntahkan tenaga hingga 65 ps saja. Dengan tenaga sebesar itu, akselerasi mobil buatan Toyota tersebut tentu akan terkesan lambat. Sebab dalam waktu 14 detik hanya mampu mencapai kecepatan 100km/jam saja.

Meskipun begitu, daya sebesar itu sudah sangat cukup untuk Anda dan keluarga berkeliling bersama-sama. Lalu lintas perkotaan yang terbilang ramai juga membuat mesin yang dibawa mobil toyota Agya tersebut tidak perlu bekerja terlalu keras. Sehingga wajar jika banyak yang mengatakan bahwa mobil ini masuk dalam kategori city car. Disamping itu, letak mesin mobil yang berada pada bagian depan mobil juga akan memperkecil resiko jika terjadi benturan yang tidak disengaja.

Penggunaan Bahan Bakar

Irit tidaknya sebuah mobil tentu menjadi pertimbangan setiap orang dalam membelinya. Maka dari itu, tak heran jika konsumsi BBM Toyota Agya menjadi hal yang sangat menarik di mata para pecinta otomotif. Menggunakan mesin yang memiliki kubikasi hanya 999 cc membuat Toyota Agya tergolong cukup irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Hanya dengan bensin sebanyak 1 liter,  mobil ini dapat melaju hingga jarak tempuh kurang lebih 30 km. Kemampuan tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumennya. Apalagi, Mobil toyota Agya juga telah lolos dalam uji coba Low Cost and Green Car atau LCGC. Yang mana artinya bahwa mobil ini selain irit juga ramah lingkungan dan sesuai dengan ketetapan yang dicanangkan pemerintah. Sekedar informasi, mobil buatan Toyota ini diproduksi dengan persentase komponen 84% asli Indonesia sehingga sering disebut sebagai proyek mobil nasional.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya Terbaru

Kabin Toyota Agya Luas

Kabin Toyota Agya Luas

Ruang Kabin yang Luas

Kelebihan dari mobil Toyota Agya ini juga terletak pada ruang kabin yang disediakan. Pasalnya, Toyota membesut mobilnya ini dengan ruang kabin yang mampu menampung sampai dengan 5 penumpang. Dengan kabin seluas itu, Anda dapat membawa keluarga tercinta untuk berkeliling menggunakan mobil ini.

Sparepart yang Tersedia

Bagi sebagian orang, ketersediaan sparepart mobil adalah suatu hal yang sangat penting. Maka dari itu, Toyota dengan nama besarnya tentu saja akan menyediakan dealer resmi yang berlokasi di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir terkait ketersediaan suku cadang mobil ini. Dengan begitu, perbaikan atau pergantian suku cadangnya menjadi lebih mudah.

Harganya yang Murah

Dari sekian kelebihan dan kekurangan toyota agya yang telah dibahas, harga yang dibanderol untuk mendapatkan mobil ini tentu adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Ya, seperti yang sempat disinggung bahwa mobil bersegmen hatchback ini dijual di pasaran dengan harga yang cukup murah. Toyota Agya sendiri dibedakan menjadi beberapa type. Dan perbedaan type tersebut turut memengaruhi spesifikasi, fitur dan harga yang ditawarkan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla

Namun, secara keseluruhan basis mesin yang digunakan adalah sama. Beberapa type dari city car buatan Toyota ini adalah Agya G A/T, TRD S M/T, E A/T, dan lainnya.  Untuk harga termurah, mobil toyota Agya dibanderol pada kisaran Rp 99 jutaan. Demikian ulasan terkait kelebihan dan kekurangan toyota agya. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan Anda terkait mobil-mobil buatan Toyota.

Advertisement