4 Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla Terlengkap

Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla – Saat ini informasi kelebihan dan kekurangan daihatsu ayla menjadi perbincangan di kalangan para pecinta otomotif karena mobil ini diketahui memang membawa spesifikasi yang mumpuni meskipun harganya murah. Ketatnya persaingan otomotif nyatanya justru membuat Daihatsu semakin agresif menghadirkan produk-produk terbarunya, salah satunya adalah Daihatsu Ayla. Pasar mobil murah yang semakin ramai membuat Daihatsu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk turut serta dalam memperebutkan perhatian konsumen tanah air.

Sebab seperti yang diketahui bahwa pasar mobil murah saat ini tengah diincar oleh masyarakat Indonesia. Sejak muncul pada tahun 2013 lalu,  Daihatsu Ayla membawa spesifikasi yang menjadi unggulan. Adanya Daihatsu Ayla ini membuat vendor Daihatsu berhasil memperoleh angka penjualan yang cukup fantastis di Indonesia. Melihat hal tersebut bisa diketahui bahwa masyarakat Indonesia sangat memberikan apresiasi yang positif terkait kehadiran mobil murah ini.

Hadir menjadi salah satu mobil yang ada di dalam program LCGC atau Low Cost Green Car, Daihatsu Ayla harus bersaing dengan kompetitor lainnya seperti Datsun Go, Honda Brio, Toyota Agya dan lain sebagainya. Harganya yang lebih murah dari para pesaingnya tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Lalu, apa saja kelebihan dari mobil buatan Daihatsu ini? atau kekurangan apa saja yang dimilikinya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah ulasan terkait kelebihan dan kekurangan daihatsu ayla.

Advertisement

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla Terbaru

1. Dapur Pacu Daihatsu Ayla

Berbicara tentang kekurangan, Daihatsu Ayla mungkin akan condong pada dapur pacunya yang kurang bertenaga. Namun hal ini bisa dikatakan cukup wajar, mengingat harga mobil buatan Daihatsu ini memang dibanderol dengan harga yang sangat murah. Selain itu, mobil yang menjadi program LCGC biasanya memang sengaja dibuat dengan mesin berkubikasi kecil agar polusi udara yang dihasilkan lebih diminimalisir. Menggunakan mesin berkubikasi 998 cc, mobil ini dibekali dengan teknologi DOHC, 3-silinder dengan 12-katub. Dengan mesin tersebut, tampaknya Daihatsu ayla memang tidak diperuntukkan untuk pengguna yang gemar melaju dengan kencang. Pasalnya tenaga maksimum yang disemburkan mobil bertubuh kecil ini hanyalah 65 ps. Yang artinya hanya setengah saja dari tenaga maksimum yang mampu disemburkan Honda jazz yakni 120 ps.

Kekurangan dari mobil Daihatsu Ayla lainnya ada pada akselerasinya yang terbilang lambat. Bisa dibayangkan, hanya untuk mencapai kecepatan hingga 100 km/jam, mobil ini membutuhkan waktu sampai dengan 15 detik. Padahal sudah banyak mobil bersegmen serupa yang mampu menghasilkan akselerasi dengan cepat.  Meskipun begitu, mobil ini cukup cocok untuk digunakan berkeliling kota.

Advertisement

2. Desain Bodi yang Digunakan

Kelebihan dan kekurangan mobil daihatsu ayla lainnya juga dapat dilihat dari tampilan bodi yang dibawanya. Daihatsu Ayla didukung menggunakan ruang kabin yang cukup luas dan lega. Meskipun memiliki bodi yang terbilang kecil, bagian kabin yang disediakan tidak akan membuat penumpangnya berdesak-desakan. Pasalnya, Daihatsu membesut mobilnya ini dengan dimensi berukuran 3.600 x 1.600 x 1.520 mm yang mampu membawa sampai dengan 5 orang penumpang dewasa dengan lega. Selain itu, fitur bagasi yang disediakan juga cukup luas untuk membawa banyak barang bawaan. Bahkan bagasi tersebut diketahui lebih luas jika dibandingkan dengan kembarannya yakni Toyota Agya. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi Daihatsu Ayla.

Sedangkan untuk kekurangannya, fitur tipe terendah Daihatsu Ayla sangat minim. Bahkan mobil buatan Daihatsu tipe terendah tidak dilengkapi dual airbag. Hal ini tentu sangat disayangkan jika mengingat telah banyak vendor otomotif kenamaan lainnya yang membekali mobil buatannya dengan fitur keamanan standar tersebut. Apalagi, tipe terendah dari Daihatsu Ayla ini juga dibekali dengan  beberapa fitur penting lainnya seperti pendingin ruangan atau AC dan tombol power window. Tipe terendah dari Daihatsu Ayla adalah tipe D. Kekurangan pada Daihatsu Ayla lainnya adalah bobotnya yang ringan. Hal ini akan menjadi masalah ketika penggunanya melaju dengan kecepatan yang tinggi, dimana keseimbangan akan menjadi tidak stabil. Apalagi jika berpapasan dengan truk maupun bis besar, maka mobil akan sangat merasakan getaran yang dihasilkan sehingga membuat pengendara dan penumpangnya menjadi tidak nyaman. Walaupun begitu, tubuhnya yang mungil juga menjadi kelebihan tersendiri. Sebab pengendara tentunya dapat membawa mobil ini pada jalanan yang sempit, dimana tidak bisa dilalui oleh mobil berbodi besar.

3. Konsumsi bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan daihatsu ayla selanjutnya ada pada seberapa irit mobil ini mengonsumsi bahan bakar. Dibanderol dengan harga yang sangat murah membuat Daihatsu Ayla diusung menggunakan mesin berkapasitas kecil. Disisi lain, kondisi tersebut tentu akan membuat mobil ini menjadi kurang bertenaga. Namun jika dilihat dari konsumsi bahan bakar, menggunakan mesin tersebut Daihatsu Ayla justru menjadi lebih irit. Sehingga sangat sesuai untuk Anda yang sedang ingin beralih dari menggunakan motor ke mobil. Untuk penggunaan bahan bakarnya sendiri, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 20 km hanya dengan mengonsumsi satu liter BBM. Hal ini tentu saja dengan mengingat bahwa Daihatsu Ayla memang diproduksi untuk memenuhi program pemerintah terkait mobil LCGC yang ramah lingkungan dan juga irit bahan bakar.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla Keempat

4. Mudah Tidaknya Mencari Suku Cadang

Mengingat betapa besarnya vendor Daihatsu, mencari dealer resmi yang menyediakan suku cadang Daihatsu Ayla dengan lengkap tentu bukanlah hal yang sulit. Karena seperti yang diketahui, dealer produkan Daihatsu atau toko eceran yang menyediakan spare part murah sangat mudah ditemukan di hampir Dengan begitu, pengguna dapat melakukan perbaikan maupun perawatan dengan semakin mudah.

5. Harga yang Dibanderol

Seperti yang disebutkan Mobil Daihatsu Ayla merupakan mobil LCGC yakni Low Cost Green Car. Yang artinya mobil tersebut harus memenuhi syarat dan ketentuan pemerintah terkait produksi dan harga yang ditawarkan. Dan syarat mobil LCGC yang sangat menguntungkan bagi masyarakat Indonesia adalah harganya yang murah dan dapat ditekan. Harganya murah dan bisa dikatakan sangat terjangkau, tentunya pas untuk Anda yang hendak beralih dari yang tadinya menggunakan motor menjadi mobil. Harganya yang murah tersebutlah yang akhirnya menjadi daya tarik Daihatsu Ayla bagi calon pembeli.

Bagi Anda yang tertarik, harga untuk tipe paling rendah dari Dahihatsu Ayla sendiri berkisar antara rp 76 jutaan. Sangat murah bukan? Sementara untuk tipe paling tinggi dibanderol dengan harga kisaran 106 juta. Sekedar informasi, Daihatsu membesut Ayla dengan 3 varian tipe diantaranya adalah tipe D sebagai yang terendah, tipe M serta tipe X sebagai yang tertinggi. Melihat betapa murah harga yang ditawarkan Daihatsu untuk mobilnya ini, tak heran jika Daihatsu Ayla diberikan predikat sebagai mobil murah yang banyak dicari masyarakat. Bagi anda yang tidak memiliki budget tinggi untuk membeli mobil, maka Daihatsu Ayla bisa dijadikan pilihan terbaik.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Daihatsu Ayla

Berikut tadi merupakan beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari salah satu mobil buatan daihatsu. Semoga tulisan mengenai kelebihan dan kekurangan daihatsu ayla bisa menambah referensi Anda yang berminat untuk membeli mobil murah dengan spesifikasi yang mumpuni.

Advertisement