5 Jenis Aki Motor Terbaik Agustus 2017

Advertisement

Jenis Aki Motor Terbaik – Selain bahan bakar, bahan cair lain yang harus diperhatikan ketersediaannya oleh pengguna kendaraan bermotor adalah oli. Meskipun pengisiannya tidak sesering mengisi bahan bakar, namun pengisian oli dalam kendaraan bermotor juga wajib hukumnya. Oli ini berfungsi untuk mengedarkan aliran listrik ke masing-masing bagian sepeda motor. Biasanya, kapasitas oli ini berkisar 2 ampere hingga 8 ampere, dari kapasitas tersebut aki dapat menghasilkan tegangan hingga 12 volt. Sebelum memilih aki motor terbaik, ada baiknya Anda memahami jenis-jenisnya agar tidak salah dalam membeli. Dari masing-masing jenis ini, ada beberapa merk yang menjadi Andalan.

Ada berbagai merk dan jenis aki motor terbaik yang beredar di pasaran. Dari masing-masing jenis aki ini tentu saja memiliki fungsinya masing-masing. Pembelian aki harus Anda sesuaikan juga dengan tipe kendaraan sehingga tidak mengganggu performa motor. Di bawah ini akan diuraikan beberapa jenis aki motor lengkap dengan merk-merk yang menyediakan jenis aki tersebut.

Beragam Jenis Aki Motor Terbaik

Jenis Aki Motor Terbaik

Jenis Aki Motor Terbaik

  1. Aki Basah

Aki basah merupakan salah satu jenis aki yang paling umum dipakai sepeda motor di Indonesia. Terlebih untuk sepeda motor yang keluar sebelum tahun 2010, aki basah ini adalah jenis aki motor terbaik. Tidak sulit untuk menemukan aki basah di bengkel-bengkel sepeda motor mana pun. Sama dengan aki jenis lainnya, aki basah ini juga mengandung elektroda. Cairan yang mengalir di dalamnya adalah elektrolit asam sulfat atau H2SO4. Bisa dibilang, aki basah ini merupakan yang paling murah jika dibandingkan dengan beragam jenis aki yang lain. Meskipun demikian, perawatannya sering kali sedikit menyulitkan penggunanya. Keuntungan menggunakan aki basah ini adalah jika cairan elektrodanya habis, akan mudah diisi kembali dengan air suling.

Advertisement

Ada berbagai merk aki motor yang memproduksi aki basah, antara lain yaitu Yuasa, Astra, TOYO, dan GiSi. Sedangkan untuk harganya pun terbilang cukup variatif berkisar antara Rp 120.000,00 hingga Rp 150.000,00. Meskipun banyak jenis aki motor yang semakin bermunculan, namun nampaknya pengguna aki basah tidak pernah berkurang karena harganya yang ekonomis.

  1. Aki Kering

Sulitnya perawatan aki basah membuat popularitas aki kering semakin meningkat. Hal ini dikarenakan ada banyak pihak yang mengklaim bahwa aki kering ini bisa dikatakan tidak memerlukan perawatan atau maintenance free. Sebenarnya, baik aki kering maupun aki basah sama-sama mengandung cairan elektroda. Namun, perbedaannya di sini adalah aki kering memiliki bahan pelindung atau segel yang sangat kuat sehingga tingkat penguapannya sangat rendah. Di sisi lain ada pula kesulitan dalam memakai aki kering yakni jika cairannya habis harus diganti dan tidak bisa diisi ulang seperti halnya aki basah. Aki kering ini merupakan jenis aki motor terbaik untuk motor-motor keluaran tahun 2010 ke atas.

Sama seperti aki basah, produsen aki kering di Indonesia juga cukup banyak. Produsen-produsen aki kelas atas seperi Yuasa, TOYO, Astra dan GiSi tidak pernah berhenti untuk mengeluarkan produk-produk terbaiknya. Harga aki kering memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan aki basah. Untuk aki kering standard dijual mulai Rp 165.000,00.

Advertisement

  1. Aki Kalsium

Pada dasarnya, aki kalsium ini hampir sama dengan aki basah. Persamaan tersebut tampak pada jenis elektroda yang terkandung di dalamnya berbentuk cairan. Perbedaannya terlihat pada kedua selnya yakni kutub positif dan negatif yang terbuat dari bahan kalsium. Bahan ini dipercaya mampu menahan penguapan sehingga bisa lebih irit dalam penggunaannya. Selain menahan penguapan, aki kalsium juga mampu menghasilkan aki listrik yang lebih baik dibandingkan aki basah. Ada pula sebagian masyarakat yang mempercayai bahwa aki kalsium ini lebih baik kualitasnya jika dibandingkan dengan aki hybrid.

Salah satu merk aki motor terbaik untuk jenis aki kalsium adalah Delkor. Keuntungan menggunakan aki kalsium merk delkor ini adalah terbuat dari bahan-bahan yang mampu menahan penguapan cairan di dalamnya. Selain merk Delkor, merk Bosch juga memproduksi aki kalsium. Untuk harga aki kalsium sendiri bisa ditebus mulai harga Rp 130.000,00. Meskipun harganya bisa dibilang relatif murah, namun sayangnya aki ini kurang populer di kalangan masyarakat sehingga cukup sulit untuk ditemukan di bengkel-bengkel kecil.

  1. Aki Hybrid

Seseuai dengan namanya, aki hybrid merupakan salah satu aki motor terbaik dengan terobosan teknologi terbaru. Aki hybrid menggabungkan kualitas aki basah dan aki kalsium. Hal tersebut dapat diketahui melalui bahan penutup sel di kedua kutubnya yang menggunakan bahan dari aki basah dan aki kalsium. Untuk kutub positif menggunakan bahan low antimonial seperti yang terdapat pada aki basah. Sedangkan untuk kutub negatif menggunakan bahan penutup seperti pada aki kalsium yakni kalsium itu sendiri. Ada beberapa keuntungan menggunakan aki hybrid ini. Pertama, aki hybrid dipercaya memiliki tingkat penguapan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan aki basah. Dengan begitu dapat memberikan manfaat lain yakni bisa dipakai dalam kurun waktu yang relatif lebih lama. Kemudian dalam segi cairannya, jika habis bisa lebih mudah diisi dengan air suling.

Meskipun sudah menggunakan teknologi terbaru yakni menggabungkan dua jenis aki, namun ternyata aki hybrid ini belum bisa dibilang tanpa cela. Buktinya, belum banyak masyarakat yang tahu mengenai aki ini dan pamornya masih kalah jika dibandingkan dengan aki kering. Hal tersebut mungkin juga dipengaruhi oleh kandungan asam di dalamnya yang bersifat korosif sehingga bisa membahayakan onderdil motor jika sampai tumpah dan mengenai mesin. Alasan itulah yang membuat sebagian masyarakat enggan menggunakan aki hybrid ini.

  1. Aki Gel

Jenis aki motor yang terakhir adalah aki gel. Bisa dibilang bahwa aki gel inilah yang benar-benar merupakan aki motor terbaik. Produsen aki mulai menyadari bahwa aki yang menggunakan cairan elektroda sangat membahayakan onderdil motor jika terkena tumpahannya. Oleh karena itu, beberapa produsen aki mulai mengembangkan aki yang menggunakan bahan gel sehingga tidak mudah tumpah dan menguap. Teknologi inilah yang membuat aki gel juga memiliki tingkat penguapan yang sangat rendah sehingga dipercaya memiliki tingkat daya tahan 2 kali lipat dibandingkan dengan aki yang lainnya. Meskipun demikian, aki gel nampaknya masih belum bersahabat dengan masyarakat mengingat harga aki motor terbaik ini sangatlah mahal.

Baca Juga : Merk Ban Motor Terbaik di Dunia

Itulah tadi beberapa jenis aki motor terbaik dan produsen yang mengeluarkannya. Pengetahuan mengenai jenis-jenis aki ini sangat penting mengingat ada banyak sekali ragam aki yang keluar di pasaran. Perlu Anda ketahui juga bahwa meskipun jenisnya sama, akan berbeda pula aki motor yang digunakan untuk motor matic, motor bebek, hingga motor moge. Untuk hasil yang lebih baik, jangan terlalu sering berganti-ganti merk aki. Perhatikan juga kondisi oli setiap saat karena jika sampai kehabisan akan memberikan dampak yang sangat buruk pada kendaraan bermotor Anda.

Advertisement