Harga Yamaha WR250R Dan Spesifikasi Desember 2016

Harga Yamaha WR250R memang sangat tinggi untuk kelas menengah. Namun demikian, Yamaha memang memproduksi motor ini untuk kalangan tertentu. Pasar yang disasar oleh Yamaha adalah memang penggemar yang menyukai motor trail dengan sungguh-sungguh. Memang selama ini Yamaha dikenal sebagai produsen yang memproduksi berbagai varian motor bebek dan matic. Namun demikian, perhatian mereka untuk memenuhi permintaan pasar khusus seperti penggemar motor trail juga tak ditinggalkan begitu saja. Yamaha WR250R menjadi andalan bagi penggemar motor pengeruk tanah. Harga yang sangat tinggi sangat wajar mengingat motor satu ini mempunyai kualitas yang mumpuni sebagai motor penguasa off-road. Namun meski diperuntukkan untuk motocross, motor ini di pasaran telah dilengkapi plat dan surat-surat resmi yang membuatnya tetap bisa di kendarai lintas kota melalui jalan raya.

Kecermatan dan kesungguhan Yamaha dalam mendesign motor trail satu ini memang terlihat jelas bagaimana Yamaha memberikan sungguhan yang sangat rapi pada motor ini. Sekilas orang melihat akan langsung terpana dengan tampilan off roadnya yang memang keren. Penempatan mesin juga tertutup oleh bodi samping. Maka ini akan mengurangi reputasi motor motrocross yang terkesan terlalu batangan. Motrocross selama ini hanya diidentikkan dengan desain motor yang mengedepankan kekuatan dan kecepatan saja. Karena diasumsikan bahwa motor cross memang hanya akan bergelut dengan lumpur dan jalanan terjal. Maka bodi bukan menjadi hal yang dipentingkan. Namun demikian, Yamaha memberi sentuhan berbeda untuk motorcross produksi mereka ini. Hal ini membuat harga Yamaha WR250R semakin melambung tinggi. Di bagian samping belakang motor ini, Yamaha memberikan fairing yang menutup mesinnya. Di bagian lampu depan juga diberi sentuhan yang memberikan kesan apik.

Perlu dicatat itu semua dilakukan Yamaha karena motor ini sudah diberi label Street Legal Model. Itu artinya motor ini tidak hanya dikhususkan untuk digunakan di lintasan motorcross saja. Motor yang dikhususkan di lintasan motorcross akan diberi label ilegal ketika digunakan di jalan raya. Karena motor tersebut tidak diperuntukkan di jalanan. Dengan demikian, motor motocross kebanyakan tidak dilengkapi dengan STNK yang menjadi syarat motor layak jalan di jalan raya.

Harga Yamaha WR250R yang cukup tinggi dipengaruhi oleh faktor tersebut. Yamaha WR250R bisa digunakan oleh pemiliknya di jalan raya secara legal dan sah. Ini juga yang membuat motor ini bisa digunakan dalam dua kondisi, balapan di jalan off road dan tunggangan di jalan raya. Di jalan raya motor ini bisa digunakan untuk touring, namun perlu diingat bannya harus menggunakan ban yang kompatible di jalan raya pula. Karena bawaan dari pabrik ban motor ini menggunakan ban yang secara khusus diperuntukkan di jalan terjal dan berlumpur. Berikut spesifikasi dan harga Yamaha WR250R yang sudah masuk ke Indonesia.

Spesifikasi dan Harga Yamaha WR250R

Spesifikasi dan Harga Yamaha WR250R

Spesifikasi dan Harga Yamaha WR250R

Ukuran Yamaha WR 250 R

Overall Length 2,180 mm
Overall Width 810 mm
Overall Height 1,230 mm
Seat Height 930 mm
Wheel Base 1,420 mm
Minimum Ground Clearance 300 mm
Wet Weight (Including Full Oil and Fuel Tank) 134 kg
Fuel Tank Capacity 7,6 Liter

Hal berikutnya yang perlu diingat adalah motor ini termasuk dalam motor Yamaha berjenis CBU. CBU merupakan singkatan dari Complete Built Up. Jenis motor ini berarti perakitan dan semua proses pembuatan motor ini dilakukan di rumah utamanya, yaitu Jepang. Motor Yamaha WR250R tidak seperti kebanyakan motor yang diproduksi oleh YIMM atau Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Motor yang diproduksi YIMM memang mengambil spare part asli dari produsen Yamaha, namun proses pembuatan termasuk perakitan dibuat di dalam negeri. Jenis CBU inilah yang membuat motor ini mempunyai harga yang di atas rata-rata. Namun sebenarnya, harga Yamaha WR250R yang tergolong tinggi bukan sekadar karena ia didatangkan langsung dari negeri sakura. Harga tingginya lebih dipengaruhi karena spesifikasi dan kualitas motor ini yang mumpuni.

Kerangka Yamaha WR 250 R

Frame Semi Double Cradle
Front Suspension System Upside-down Telescopic Fork
Front Travel 270 mm
Caster Angle 26
Trail 111 mm
Rear Suspension System Swingarm (Link Suspension)
Rear Travel 270 mm
Front Brake Single Disc, 0 250 mm
Rear Brake Single Disc, 0 230 mm
Front Tyre 80/100-21M/C 51P
Rear Tyre 120/80-18M/C 62P

Yamaha WR250R memiliki panjang 2175 mm, lebar 810 mm dan tinggi 1230. Dengan ukuran demikian, Yamaha WR250R dipastikan akan menaklukkan medan-medan berat dengan mudah. Tidak hanya jalan berlumpur, motor ini akan sangat mudah menaklukkan medan berbatu seperti di perbukitan atau pegunungan. Selain itu jarak motor ini dari tanah adalah 300 mm, sementara jarak sumbu antara dua roda motor ini adalah 1420 mm. Desain yang sedemikian rupa memang untuk mendukung dual purposes yang ada untuk motor ini. Dengan tinggi yang cukup motor ini tak akan gentar melibas jalanan yang banjir.

Advertisement

Selain menggunakan material yang berkualitas, bobot bahan yang dipilih oleh Yamaha ringan. Berat kosong motor ini hanya memiliki berat 134 kg saja. Bobot yang ringan dari motor ini demi controling dan handing yang lebih mudah dan nyaman. Untuk berjalan di medan-medan berat memang dibutuhkan motor yang super ringan. Bayangkan saja jika untuk berjalan di medan berat, sebuah motor harus menanggung beban berat badan. Maka pengendaranya tentu akan sulit mengendalikan selain merasa cepat lelah. Walaupun menambah beberapa fairing, ini tak membuat motor ini lebih berat. Hal ini disebabkan material dan kualitas bahan yang dipilih tak membebani motor ini.

Yamaha WR250R

Yamaha WR250R

Mesin Yamaha WR 250 R

Engine Type Liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valued, Forward-Inclined Single Cylinder
Displacement 250 cc
Bore x stroke 77.0 mm x 53.6 mm
Compression Ratio 11.8 : 1
Maximum Power 22.6 kW (30.7PS)@10,000 rp,
Maximum Torque 23.7 Nm (2.42 kg-m)@8,000 rpm
Lubrication System Wet Sump
Clutch Type Wet, Multiple-Disc Coll Spring
Carburator Electronic Fuel Injection
Ignition System TCI
Starter System Electric
Transmission System Constant Mesh, 6-Speed
Final Transmission Chain

Untuk konsumsi bahan bakar, meski dibekali mesin 250 cc, namun motor satu ini tetap irit. 1 liter bahan bakar bisa digunakan oleh motor ini untuk melaju sejauh 31 km. Ini membuat harga Yamaha WR250R terlihat semakin rasional. Hal ini tentu juga menolak reputasi motor-motor kelas 250cc ke atas tergolong motor yang haus bahan bakar. Sementara kapasitas tanki motor ini sebesar 7,6 liter, Tentu ini cukup membuat pengendaranya aman, ketika membawanya ke tempat-tempat baru untuk berpetualang. Apalagi jika tempat yang dipilih adalah hutan atau pedalaman yang jauh dari tempat untuk mengisi bahan bakar.

Rangka motor Yamaha WR250R berbahan dasar alumunium dengan tipe semi double cardle. Jenis rangka tersebut berbobot ringan, namun berkekuatan ekstra. Ini dikarenakan rangka tipe ini memiliki tingkat kekakuan yang tinggi. Ini semakin mendukung dual purpose yang diusung motor ini. Fungsinya yang lengkap ini diambil dari inspirasi motor balap off-road yang sudah punya reputasi besar di dunia balap yaitu, WR-F dan YZ-F. Motor tersebut tentu sudah tidak asing bagi para penggemar motocross. Sistem suspensi motor ini juga berteknologi tinggi. Untuk bagian depan suspensi yang digunakan adalah Up-Side Down 46 mm. Sementara untuk bagian belakang digunakan Link-Suspension Monocross. Bukankah harga Yamaha WR250R yang tinggi memang sangat wajar dengan spesifikasi sempurna?(Pesaing Yamaha WR250R dari Kawasaki : Kawasaki KLX150S)

Harga Yamaha WR250R Terbaru

Harga Yamaha WR250R

Harga Yamaha WR250R

Sistem pengereman Yamaha WR250R juga memiliki tingkat rem yang tinggi. Di jalan-jalan off-road pengendaranya tak perlu khawatir dengan rem selip atau bahkan tidak dapat mencengkeram dengan pakem. Semua kelengkapan fitur itu yang membuat harga motor ini cukup tinggi. Di pasaran Indonesia, harga Yamaha WR250R berada di angka Rp 93.000.000. Memang sangat tinggi bagi orang awam.

Baca Juga : Daftar Harga Motor Yamaha Terbaru

Akan tetapi, bagi orang yang berkecimpung dalam balap off-road tentu harga ini sangat dimaklumi mengingat ketangguhan tiada tara yang dimiliki motor ini. Kelebihan sekaligus kekurangan memang dimiliki dalam hal harga. Untuk penggemar awam tentu demi menaiki motor motrocross mereka tak akan dengan mudah mengeluarkan uang bejibun. Tetapi bagi penggemar petualangan off-road motor ini akan jadi pilihan terbaik.

Advertisement