Harga Honda Brio dan Spesifikasi Desember 2016

Advertisement

Harga Honda Brio yang cukup terjangkau membuat mobil ini banyak diminati para pecinta otomotif di Indonesia. Selain harga, spesifikasi yang dimiliki pun bisa dibilang cukup oke di kelasnya. Ada satu pesan penting yang ingin disampaikan Honda saat meluncurkan city carnya yang satu ini, yakni jangan melihat sesuatu dari ukurannya saja tapi liat bagaimana spesifikasinya.

Mobil dengan konsep city car tersebut memang berukuran mini dibanding produk Low Cost Green Car atau LCGC dari dua pesaing utamanya, Daihatsu Agya dan Toyota Ayla. Honda Brio hadir dengan beragam pilihan, lebih banyak fitur unggulkan, dan yang paling penting hadir dengan harga yang terjangkau.

Spesifikasi dan Harga Honda Brio

Spesifikasi Honda Brio

Spesifikasi Honda Brio

1. Spesifikasi Brio Satya A

Tipe Mesin 1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter x Langkah 73mm x 71,6mm
Isi Silinder 1198
Perbandingan Kompresi 10,2:1
Daya Maksimum 65 Kw (88 PS) / 6.000 rpm
Momen Puntir Maksimum 11,1 kg.m (109Nm) /4.500 rpm
Panjang x Lebar x Tinggi 3.610mm x 1.680mm x 1.485mm
Jarak Sumbu Roda 2.345
Jarak Pijak Depan/Belakang 1.480mm / 1.465mm
Kapasitas Tangki 35
Berat Kosong 925kg
Sistem Kemudi Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Ban 175 / 65 R14
Roda Steel Wheel 14″
Front Lamp Halogen Headlight
Door Mirror Black Color
Audio Single DIN AM/FM Radio, Single Disc MP3/WMA + USB Port + AUX Input
Struktur Rangka Bodi G-CON + ACE
Key Type Wave Key

Review Honda Brio

Review Honda Brio

Review Honda Brio

Harga Honda Brio yang terjangkau tetapi tetap menggunakan mesin-mesin yang berkualitas menjadikan mobil ini memiliki banyak peminat. Ada lima jenis mobil Honda Brio yang ditawarkan oleh perusahaan asal Jepang tersebut, yaitu Brio Satya A, Brio Satya E, Brio Satya S, Brio E A/T, dan Brio S A/T. Untuk mesinnya, kelima mobil tersebut menggunakan mesin dengan performa yang sama. Mesin yang dengan tipe 1.2 L SOHC silinder segaris yang dipadukan dengan 16 katup i-VTEC + BDW dengan sistem bahan bakar PGM-FI. Sobat otosister.com perlu mengetahui bahwa Mesin tersebut juga memiliki daya maksimum 65 Kw dengan 88 PS per 6.000 mm dengan 1198 untuk isi silindernya. Perbandingan kompresi yang digunakan adalah 10,2:1 dengan momen puntir maksimumnya sebesar 11,1 kg.m atau 109 Nm per 4.500 rpm.

Advertisement

Kelima tipe mobil tersebut berdimensi 3.610mm x 1.680mm x 1.485mm dengan kapasitas bahan bakarnya sebanyak 35 liter. Berat kosong masing-masing tipe mobil berbeda, 925kg untuk Brio Satya A, 930kg untuk Brio Satya E dan S, 960kg untuk Brio S A/T, dan 965kg Brio E A/T. Harga Honda Brio juga sebanding dengan semua fitur keselamatan yang diberikan. Kelimanya menggunakan G-CON + ACE untuk rangka bodinya, yang dipadukan dengan Side Impact Bem, Dual Front SRS Airbags, dan juga Pedestrian Protection. G-CON + ACE dapat berfungsi sebagai peredam saat terjadi benturan. Kelimanya juga dilengkapi dengan sistem keamanan wave key. Brio S A/T dan Brio E A/T yang memiliki beberapa tambahan untuk sistem keamanannya seperti load Limiter seatbelt, keyless entry, alarm system, dan immobilizer anti-thief system. Sabuk pengaman depan dan belakang yang dipakai adalah seatbelt 3P ELR x2.

Kesemua Honda Brio menggunakan Rack and Pinion with Electric Power Streering atau EPS, Drive By Wire, Grade Control, dan Multi Information LCD pada sistem kemudinya. Untuk tipe Brio E A/T memiliki tilt steering pada sistem kemudinya, sehingga harga Honda Brio tipe ini lebih mahal dari tipe yang lain. Semua tipe city car tersebut menggunakan MacPherson Strut untuk suspensi depannya, dan H-Shape Torsion Beam untuk dipakai pada suspensi belakang. Untuk menjaga keamanan penggunanya, Honda melengkapi Brio S A/T dan Brio E A/T dengan sistem pengereman ABS dan EBD yang dapat membuat sistem pengereman lebih efektif dan mampu menjaga kestabilan dari mobil saat pengereman mendadak.

Selain menggunakan sistem pengereman ABS dan EBD, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem ventilated disc untuk rem depannya untuk semua tipe mobil dari Honda Brio ini. Semua tipe mobil berkonsep small city car produk Honda tersebut juga dilengkapi dengan sistem pengereman drum untuk bagian belakang.  Harga Honda Brio yang terjangkau tidak menyurutkan niat Honda untuk mengabaikan keselamatan dari pengendara mobil tersebut. Honda menggunakan beragam fitur dan fasilitas terbaik untuk menunjang performa mobil dengan konsep low cost green car tersebut.

Advertisement

Harga Honda Brio juga sesuai dengan desain eksteriornya yang kian mempercantik tampilan mobil ini, setiap mobil memiliki halogen headlight untuk lampu depannya, serta Black mirror untuk kaca mobilnya. Sementara fog lamp hanya tersedia untuk tipe Brio Satya E dan Brio E A/T. Semua pegangan pintu untuk tipe Brio satya berwarna hitam, sementara untuk tipe A/T, warnanya disesuaikan dengan warna mobil. Harga Honda Brio juga dibedakan dengan fasilitas interior yang ditambahkan oleh masing-masing tipe. Tipe Brio Satya A dan E memiliki fasilitas audio single Disc MP3/WMA yang dapat terhubung dengan USB Port dan AUX Input serta Single DIN AM/FM Radio. Untuk Brio Satya S, fasilitasnya sama dengan tipe A dan E, bedanya Tipe S tidak memiliki USB port. Untuk tipe Brio S A/T dan E A/T memiliki fasilitas audio Single Disc MP3/WMA, Double Din AM/FM, CD Player yang terhubung dengan USB Port, Bluetooth ready, AUX Input, dan Made for iPhone.

Harga Honda Brio yang termasuk murah ini memiliki desain mobil yang minimalis tetapi tetap modern. Ban yang dipakai untuk mendukung performa mobil ini berukuran 175/65 R1 14 dengan steel wheel diameter 14” pada tipe Satya A dan S. Sedangkan pada tipe Brio Satya E, Brio S A/T dan Brio E A/T menggunakan alloy wheel yang berdiameter 14”.

Kelebihan dan kekurangan dari mobil Honda Brio

Walaupun harga Honda Brio tergolong murah, namun mobil ini memiliki beberapa keunggulan yang patut diperhitungkan. Mobil ini memiliki tingkat akselerasi yang baik dengan handling yang stabil, kemudinya relatif lebih ringan saat bermanuver. Mobil city car tersebut merupakan mobil yang memiliki tenaga terbesar di kelas hatchback 1300 cc. Keunggulan lainnya adalah dengan adanya perpaduan yang apik antara desain eksteriornya yang sporty yang dipadukan dengan Chrome front grille, rear reflektor, dan LED highmount stop. Jika dilihat dari harga Honda Brio, keunggulan tersebut tentu bisa dibilang sangat luar biasa.

Kelebihan Kekurangan Honda Brio

Kelebihan Kekurangan Honda Brio

Selain keunggulan di atas, keunggulan lain dari mobil ini adalah dari segi iritnya bahan bakar yang digunakan yang hanya memerlukan 20km/liter. Dengan harga Honda Brio yang bisa dibilang terjangkau tersebut, mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah tidak otomatisnya central lock saat mobil melaju. Kekurangan lainnya adalah bagasi dari mobil yang sempit, serta kaca bagian belakangnya yang tidak dilengkapi dengan wiper.

Harga Honda Brio

Harga Honda Brio

Harga Honda Brio

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga Honda Brio tergantung pada tipenya. Untuk Tipe Brio Satya A dibanderol dengan harga Rp 114.900.000,-. Harga Brio Satya S adalah Rp 119.900.000,-. Sedangkan Brio Satya E dibanderol dengan harga Rp 125.900.000,-. Ketiga tipe tersebut masih menggunakan transmisi manual. Sedangkan untuk harga Honda Brio  S A/T adalah Rp 149.600.000,- dan sudah menggunakan transmisi otomatis. Brio E A/T yang sama-sama sudah menggunakan transmisi otomatis dihargai dengan angka Rp 157.600.000,-.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga New Honda Accord

Dengan harga Honda Brio yang bisa dikatakan murah untuk kalangan menengah, Honda memang menyasar pasaran untuk kalangan anak muda terutama anak muda di Indonesia. Mobil dengan desain small city car ini sangat nyaman dengan beragam fasilitas dan fitur-fitur yang ditawarkan. Jika sobat otosister.com ingin membeli mobil yang satu, pastikan untuk menyesuaikan budget sobat dengan beragamnya pilihan dan harga Honda Brio.

Advertisement